Persiapkan Dari Sekarang

Pagi hari ini seharusnya Aku melakukan sekolah daring dari rumah. Tapi karena ada panggilan tiba-tiba untuk datang ke madrasah melakukan simulasi AKM, maka rencanaku berubah. Dengan segera, Aku berganti pakaian yang asalnya dari baju rumahan biasa menjadi pakaian muslimah rapi dan sopan. Setelah sampai, Aku langsung cepat-cepat melangkahkan kakiku menuju lab komputer yang menjadi tempat berkumpul. Di dalam sana, sudah terdapat satu temanku yang juga dipanggil. Aku duduk tepat didekatnya. Sebelum duduk, aku mengambil kertas berisi username dan password yang sudah disediakan oleh Bapak Guru. Selang beberapa waktu, ketiga temanku yang lainnya juga sudah berada di lab komputer semuanya.

Karena halaman Web sudah diatur oleh Bapak Guru, kita bisa langsung mengisi username dan password. Jangan bayangkan apa yang kami lakukan adalah sesuatu yang mudah. Hanya untuk login saja, sudah membutuhkan perjuangan ekstra. Berkali-kali kita mengulang untuk login dikarenakan terus menerus loading,  dan yang paling parah lagi error. Tapi usaha tentu tidak akan mengkhianati hasil. Akhirnya kita bisa juga untuk login ke dalam Web. Sebelum mulai mengerjakan, kita mengisi profil terlebih dahulu. Mulai dari nama dan tanggal lahir. Tidak lupa juga untuk memasukkan token yang setiap saat bisa berubah-ubah. Barulah kemudian kita bisa mulai mengerjakan soal-soal simulasi AKM tadi. Tesnya pun tidak hanya satu saja. Namun terbagi menjadi tiga bagian, khusus bagian keempat diisi dengan konfirmasi tes.

Tidak hanya sekali atau dua kali, aku dan temanku mendadak log out dari tes. Entah karena apa penyebabnya pun, aku masih belum paham. Tapi tenang saja, setelah kita login kembali, soal-soal yang tadi kita kerjakan sudah tersimpan. Sehingga kita bisa meneruskan jawaban yang sudah kita kerjakan. Aku sempat berpikir bagaimana jika nanti di waktu hari-H ujian AKM sama dengan kejadian saat ini. Tetapi Bapak Guru terus meyakinkan apabila nanti akan benar-benar diusahakan agar tes terus berjalan lancar. Membuatku juga ikut semangat untuk menjalani AKM. Untuk benar-benar mempersiapkan tes AKM ini dari sekarang. Untungnya simulasi dengan mode full online ini bisa berjalan dengan baik walaupun ada beberapa kendala. Kita sebagai yang dipilih simulasi akhirnya bisa pulang dengan membawa begitu banyak pengalaman.

Farhana Natasya Ebila D.T.A.Z.S, biasa dipanggil Farhana, adalah peserta didik kelas 8A di MTs. Arrahmah. Lahir pada tanggal 27 Februari 2008 di Kediri. Farhana tinggal di desa Jongbiru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *