BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan zaman mengarah kepada teknologi yang semakin canggih, baik teknologi komputer, komunikasi maupun mesin. bahkan sudah banyak pada zaman sekarang pekerjaan yang dulunya dikerjakan manusia, sekarang tergantikan oleh mesin (robot) dan juga Kecerdasan Buatan (Artificial Inteligence) itulah yang disebut dengan revolusi industri 4.0
Kalau sekarang saja sudah seperti ini, bagaimana dengan kehidupan Putra Putri kita mendatang ketika mereka dewasa. Bayangkan 15-20 tahun lagi, ketika mereka sudah dewasa. Apakah pekerjaan yang sekarang ada akan hilang tergantikan oleh robot atau Kecerdasan Buatan. Yang membuat mereka akan semakin susah bersaing di masa depan.
Apalagi kita tahu, di negara kita ini banyak Sarjana yang susah mencari kerja. Apalagi anak jaman sekarang banyak terganggu oleh gadgetnya, main game, youtube, tiktok, ataupun yang lain. Miris rasanya. Karena faktanya terlalu banyak bermain gadget dapat mengganggu pertumbuhan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional mereka.
Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak bisa kita hindari, apalagi anak-anak kita yang merupakan generasi digital atau digital native. Perusahaan start-up teknologi menjamur dan mendulang banyak keuntungan di tengah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat. Mulai dari perdagangan, keuangan, jasa, industri dan sosial semua menggunakan teknologi ini sebagai ruang bertransaksi atau berinteraksi. Sehingga, orang yang mengendalikan peradaban ini adalah mereka yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi.
Sadar akan tantangan zaman ini, MTs Arrahmah Kediri membuka Program Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi. Di sini, siswa kita arahkan agar tidak memandang TI hanya sebagai alat tapi juga peluang untuk menebar manfaat dan kebaikan bagi diri mereka dan orang lain. Di Program Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa mempelajari teknik operasional komputer, pemrograman, coding, desain komunikasi visual dan digitalprenuership. Program ibadah dan pembelajaran Al Quran juga menjadi kegiatan utama siswa kelas setiap hari.
B. TUJUAN
Tujuan penyelenggaraan program kelas teknologi informasi dan komunikasi adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing serta kompetensi teknologi informasi dan komunikasi yang dapat mereka gunakan untuk bekal masa depan yang menjanjikan.
C. Sasaran
Sasaran program kelas teknologi informasi dan komunikasi adalah seluruh peserta didik MTs. Arrahmah Papar Kediri khusunya kelas 7 siswa ajaran baru 2021/2022.
BAB II KURIKULUM KELAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A. Standar Kompetensi Lulusan
Pelaksanaan program kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Tsanawiyah ARRAHMAH dilaksanakan tergabung dalam modifikasi kurikulum nasional, dan dilaksanakan pada jam belajar normal. Adapun Kompetensi yang harus dimiliki setiap lulusan program Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai berikut:
1. Mampu mengoperasikan software Microsoft Office (Word, PowerPoint, dan Excel)
2. Mampu menghasilkan karya desain grafis (Corel draw & Photoshop)
3. Mampu menghasilkan karya editing Audio Visual (Filmmora, Adobe Premier, dan Adobe
After Effect)
4. Mampu membuat game atau aplikasi untuk PC dan Android
B. Mata Pelajaran Tambahan
Mata Pelajaran Alokasi Waktu Mata Pelajaran
Kelas VII VIII IX
1 Microsoft Office 6 2 –
2 Desain Grafis (Vektor) 3 3 –
3 Editing Audio Visual – 2 6
4 Desain Foto – 3 3
5 Informatika 3 2 2
6 Pemograman/coding 3 3 4
Jumlah 15 15 15
C. Metode Pembelajaran dan Bahan Ajar
Metode pembelajaran yang digunakan dalam kelas teknologi informasi dan komunikasi adalah menggunakan metode teori dan praktek. Sedangkan Bahan ajar untuk tiap mata pelajaran sebagai berikut.
1. Microsoft Office
Menggunakan Video Tutorial Microsoft Office
2. Desain Grafis
Menggunakan Video Tutorial Corel Draw
3. Desain Foto
Menggunakan Video Tutorial Adobe Photoshop
4. Editing Audio Visual
Menggunakan Video Tutorial Editing Video dengan Adobe Priemier dan After Effect
5. Informatika
Menggunakan buku Ayo Belajar Informatika penerbit Andi Yogyakarta
6. Pemograman / Coding
Menggunakan ecourse smart coding dari SmartX
D. Kegiatan Pendukung
Selain memberikan porsi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang lebih
banyak, kelas ini terdapat program pendukung sebagai berikut:
1. Workshop Photografi
2. Workshop Videografi
3. Seminar Usaha Digital Printing
4. Seminar Copywriting
5. Seminar Digitalpreneurship
6. Seminar Menjadi Youtuber
7. Seminar Kontributor Shutterstock
E. Sarana Dan Prasarana
Agar proses belajar mengajar dapat berjalan maksimal diperlukan sejumlah sarana dan prasarana sebagai berikut.
1. Ruangan
a. Ruang kelas ber-AC
b. 1 Ruang Studio
2. Peralatan
a. 2x stand background 250 cm
b. 2x light stand 190 cm
c. 2x softbox include single socket E27
d. 2x bohlam 45 watt
e. 3x habging rod (bar horizontal)
f. Kain background 2,5 x 3 m warna hijau
g. 4x penjepit kain
h. Camera Sony Alpha A5100
i. LCD Proyektor
j. Layar Proyektor
k. PC Guru
l. PC Siswa
m. Microphone Mic Clip On Wireless 2.4G\
n. Tripod