Rencana Program Kerja
Terdiri dari jangka panjang dan jangka pendek. Adapun rencana kegiatan jangka pendek dan menengah ini meliputi:
- Program Jangka Pendek
Praktek adalah suatu kegiatan dimana materi pembelajaran yang telah disampaikan ada kegiatan prakteknya agar siswa lebih paham dari hal nyatanya.
- Sedangkan dalam program jangka panjang ini di rencanakan sebagai berikut:
Siswa dapat melanjutkan program yang ada dan terus meningkatkan kualitas siswa siswi yang berbakat dan Melanjutkan program-program yang berkesinambungan
Deskripsi Kegiatan Program
Ekstrakurikuler Tata Boga
MTs Arrahmah Tahun Ajaran 2019/2020
Standar Kompetensi | Mempraktikan berbagai jenis kegiatan tata boga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya. |
Kompetensi Dasar | Mempraktikan aneka resep masakan baik local maupun asing |
NO | TUJUAN | MATERI | KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
1 | Melalui penjelasan pelatih, siswa dapat memahami Pembuatan Lauk Pauk Enak Sederhana | Menulis Aneka resep Lauk Pauk Enak Sederhana | Siswi menulis materi tentang resep dan tata cara Pembuatan Lauk Pauk Enak Sederhana | 4 X Pertemuan
/ 90 Menit |
Melalui latihan, siswa dapat mempraktekkan pembuatan Pembuatan Lauk Pauk Enak Sederhana | Melakukan praktek Pembuatan masakan ( Ikan, Ayam, Sayur Sop Tumisan). | |||
2 | Melalui penjelasan pelatih, siswa dapat memahami Pembuatan Minumam Segar | Menulis aneka resep Pembuatan Minumam Segar | Siswi menulis materi aneka resep Pembuatan Minuman Segar | 2 X Pertemuan |
Melalui latihan, siswa dapat mempraktekkan Pembuatan Minumam Segar | Praktek Pembuatan Minumam Segar | Melakukan praktek Pembuatan Juz, Wedang Jahe, Lemon Tea, Sirup Soda, Milk Tea, Es Jeruk. | / 90 Menit | |
3 | Melalui penjelasan pelatih, siswa dapat memahami Pembuatan Kue Kering | Menulis aneka resep Pembuatan Kue Kering | Siswi menulis materi aneka resep Kue Kering | 4 X Pertemuan / |
90 Menit | ||||
Melalui latihan, siswa dapat mempraktekkan Pembuatan Kue Kering | Praktek Pembuatan Kue Kering | Siswa melakukan praktek Pembuatan Kue Kering dengan variasinya | ||
4 | Melalui penjelasan pelatih, siswa dapat memahami aneka resep Makanan Asing | Menulis aneka resep Makanan Asing | Siswi menulis materi aneka resep Makanan Asing | 2 X Pertemuan / |
Siswa belajar mempraktekkan pembuatan aneka resep Masakan Asing | Siswa melakukan praktek Pembuatan Sosis Mie, Pizza Mie, Sandwich, Burger, Kebab. | 90 Menit | ||
5 | Melalui latihan | Siswa melakukan praktek pembuatan makanan sesuai dengan resep yang sudah dibagi sesuai kelompoknya masing-masing | 2 X Pertemuan / 90 Menit |